Kamis, 02 Mei 2013

Petani Pangkep kini punya Rackala Esemka.

Rackala Esemka yang dibuat oleh siswa SMK sekabupaten pangkep, hari ini dipamerkan, dan diresmikan dalam rangkaian perayaan Hari Pendidikan Nasional(Hardiknas)louncing Rackala Esemka dilaksanakan di gedung olahraga Merpati emas Pangkep.

Bupati Pangkep,H.Syamsuddin A.Hamid SE, mengatakan "Sangat bangga terhadap semua siswa SMK Pangkep yang sangat kreatif. ini sudah sangat membuktikan bahwa SMK bisa dan Pangkep bisa menciptakan hal-hal yang menakjubkan", Pujinya

"Diharapkan dengan adanya rackala ini, pangkep tidak perlu lagi membeli traktor diluar daerah, karena pangkep bisa membuat dan menghasilkan traktor sendiri, dan tentu kualitas dan mutu juga tidak kalah."tegasnya.

Rackala atau dalam bahasa makassar dikenal dengan pajjeko merupakan peralatan pertanian yang telah lama digunakan oleh masyarakat agraris bugis makassar untuk mengelola lahan pertanian.

Kata rackala berasal dari bahasa bugis yang artinya alat pertanian untuk membajak sawah dan ladang yang pada jamannya ditarik oleh dua ekor sapi atau kerbau.

Seiring kemajuan za
man dan semakin modernnya peralatan pertanian keberadaan rackala tidak lagi digunakan kecuali didaerah pedalaman.Rackala berganti dengan mesin hand tracktor yang lebih kuat dan cepat.

Berawal dari ide dan pertanyaan bapak bupati pangkep, H.Syamsuddin A.Hamid,SE" Apakah siswa siswi dikabupaten pangkep juga bisa membuat karya sebagaimana siswa-siswi smk lain.yang kemudian disambut oleh bapak kepala dinas pendidikan,olahraga dan pemuda pangkep bersama seluruh kepala sekolah SMK se kabupaten pangkep, maka lahirlah ide untuk membuat hand tractor yang cocok dengan geografis daan ekologi tanah di kabupaten pangkep.

Rackala dikerjakan oleh siswa SMK se kabupaten pangkep bersama guru sebagai instruktur,dalam waktu kurang lebih dua bulan rackala esemka dapat diselesaikan dan insyaAllah siap digunakan dan diproduksi secara massal.

Rackala Esemka dibuat oleh tim teknis dari seluruh SMK dikabupaten pangkep diantaranya diketuai oleh Muh.Nurdin B,Spd,Mpd dari SMK Negeri 1 bungoro, instruktur dari beberapa Guru serta siswa SMKN 2 bungoro,SMK Muhammadiyah bungoro,dan SMKN 1 Balocci.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar